Wednesday, November 19, 2008

Hizbut Tahrir Amerika, Mungkin Siap Tampil di Negeri Paman Sam Tersebut

Baru-baru ini, selebaran resmi yang dikeluarkan oleh Hizbut Tahrir Amerika, tampil di beberapa website resmi gerakan ini. Seruan yang berjudul, "Berpartisipasi dalam Pemilu Amerika: Kerjasama dalam Kebaikan atau Kemaksiyatan" itu dikeluarkan pada tanggal 29 Syawal 1429 H bertepatan dengan 28 Oktober 2008 namun baru pada pertengahan bulan ini dipublikasikan secara terbuka di beberapa website mereka. Mereka menyerukan kepada kaum Muslim di Amerika untuk berdakwah hanya dengan mengikuti metode Rasulullah Saw dengan cara intelektual dan perjuangan politik, bukan dengan cara demokrasi. Setelah bertahun-tahun, Hizbut Tahrir Amerika tidak terdengar, bahkan beberapa kalangan Barat pun bertanya-tanya, kemunculannya hari ini mendapat respon beberapa kalangan. Madeleine Gruen, salah seorang yang senantiasa mengamati gerakan ini, di dalam sebuah situs, menulis tanggapannya dengan judul, "Hizbut Tahrir Amerika, Mungkin Siap untuk Tampil Dimuka Publik".

Dia menulis, Hizbut Tahrir Amerika (HTA) mungkin merasa dirinya siap untuk keluar dari kepakeman. Ia menceritakan bahwa sebuah leaflet tertanda Hizbut Tahrir Amerika telah dipublikasikan di sebuah situs mereka. Ini merupakan pertama kalinya organisasi global tersebut telah secara resmi menyatakan keberadaan Hizbut Tahrir Amerika.

Leafleat, tertanggal 28 Oktober 2008 ini berjudul "Berpartisipasi dalam Pemilu Amerika: Kerjasama dalam Kebaikan atau Kemaksiyatan". Tulisan tersebut menurut Madeline Gruen menyerukan kaum Muslim Amerika untuk tidak berpartisipasi dalam pemilihan Presiden AS.

Menurutnya lagi, di berbagai negeri di mana HT telah beralih dari fase pembinaan sembunyi-sembunyi ke tahapan publik, ini dikarenakan keanggotaan cabangnya telah cukup setia untuk mempertahankan resistensi dari agen-agen pemerintah lokal. Keanggotaannya telah cukup besar untuk proyek kekuatan yang berpengaruh, dan telah memiliki para anggota berpengaruh yang dapat secara efektif meyakinkan orang lain akan tujuan dan metode untuk membangun negara Islam.

Meskupun demikian, menurut Gruen, dirinya mengetahui keberadaan HTA selama bertahun-tahun, dan telah melihat tanda-tanda tak resmi dari keberadaannya oleh para anggota mereka sendiri, kami belum melihat demonstrasi publik secara luas oleh HTA atau website resmi mereka.

Oleh karena itu, katanya, kami tidak memiliki cara terukur untuk menentukan ukuran keanggotaan mereka atau kedalaman pengaruhnya. Namun, sambutan resmi keberadaan HTA, seperti yang digambarkan oleh publikasi leaflet di website khilafah, mungkin menunjukkan bahawa kepemimpinan HT melihat HTA cukup kuat untuk menahan pengetahun publik atas keberadaannya dan menambah potensi keterbukaan yang datang dengan pengetahuan itu.

Madeleine Gruen menyebutkan dalam tulisan sebelumnya yang dipublikasi Agustus 2007 lalu, bahwa gerakan ini terus melakukan rekruitmen untuk pertumbuhannya di Amerika Serikat. Banyak para profesional, termasuk doktor, pengacara, para pengusaha, ilmuwan, insinyur, dan profesor universitas terpengaruh oleh gerakan ini. Menurutnya, keanggotaan HT telah berhasil melampaui New York, Orange County, Chicago dan Milwaukee.

Sementara itu dalam selebaran yang dikeluarkan oleh Hizbut Tahrir Amerika tersebut, mereka menyatakan dengan tegas, "Kami akan terus terlibat dalam usaha dakwah ini untuk mengembalikan kehidupan Islam ini di dalam "perut binatang" demokrasi barat ini. Kami mengundang Anda semua kaum Muslim untuk bergabung dalam usaha ini hingga kami mendapatakan keberhasilan dalam kehidupan dan juga setelah kehidupan."

Hizbut Tahrir merupakan gerakan politik global yang jaringannya tersebar luas lebih dari 40 negara, baik di negeri Muslim seperti Pakistan, Malaysia, Bangladesh, ataupun negeri Timur Tengah seperti di Palestina, Libanon, Kuwait, Yaman dan juga sangat aktif di negeri-negeri Barat seperti di Inggris, Denmark, dan Australia. Bahkan, di negeri bekas Uni Soviet pun keberadaan gerakan ini cukup berpengaruh seperti di Ukraina.

No comments: